Sejarah Motogp


Dengan 63 tahun sejarah dan diluncurkan pada tahun 1949, MotoGP ™ adalah yang tertua kejuaraan motorsport dunia.
Grand Prix telah diadakan di berbagai negara pada paruh pertama abad ke-20 dan pada tahun 1938, pendahulu dari FIM, yang FICM (International Federation of Motorcyclists Klub), mengumumkan Kejuaraan Eropa. Awal Perang Dunia Kedua, bagaimanapun, berakhir kompetisi dan kemudian menunggu beberapa tahun setelah perang sebelum bahan bakar dan kompetisi internasional di-restart.
AWAL
Dunia pertama Kejuaraan Grand Prix diadakan pada tahun 1949 dan termasuk empat kategori. Pembalap Inggris Leslie Graham memenangkan gelar pertama di kelas utama `'pada 500cc AJS. Freddie Frith (Velocette), rekan senegaranya Graham, mengambil untuk gelar juara dunia 350cc pertamanya, sementara gelar 250cc dan 125cc kembali ke Italia Bruno Ruffo (Moto Guzzi) dan Nello Pagani (Global).
Kejuaraan sespan 600cc di musim yang sama dimenangkan oleh Inggris Eric Oliver dan Denis Jenkinson Norton, dan diteruskan ke kelas 500cc pada tahun 1951.
Produsen Italia seperti Global, Moto Guzzi, Gilera dan MV Agusta mendominasi Kejuaraan Dunia pada tahun 1950, dan menunjukkan keunggulan industri motor Italia pada saat itu. MV Agusta menikmati waktu yang sangat produktif, dan memenangkan semua gelar dari empat kategori tiga musim berturut-turut 1958-1960 - dan mendominasi kelas 500cc selama 17 tahun 1958-1974.

Sixties
Selama enam puluhan, industri Jepang mulai lepas landas dan sebagian besar pembangun periode ini masih aktif di MotoGP ™ saat ini, seperti Honda, Suzuki dan Yamaha telah sukses pertamanya di kelas 125cc, 250cc dan 500cc. Suzuki sangat sukses dalam kategori 50cc diperkenalkan pada tahun 1962.
Akhir 1960-an ditandai dengan awal masa depan MotoGP ™ Legenda Giacomo Agostini - pembalap paling sukses dalam sejarah Kejuaraan Dunia. Untuk sementara waktu, pembalap berlari dalam beberapa kategori sekaligus, yang memungkinkan Agostini memenangkan 10 dari 15 gelar juara dunia di lima musim berturut-turut sebagai juara ganda dalam 350cc dan 500cc - periode kemuliaan dimulai pada tahun 1968 MV Agusta.
Pada saat itu, biaya kompetisi naik dengan cepat ditinggalkan dan beberapa produsen Jepang, sehingga hanya ada Yamaha pada akhir tahun 1960. FIM bereaksi dengan mengubah aturan untuk membatasi jumlah silinder dalam mesin untuk kategori 50cc, dua di 125cc dan 250cc dan 350cc dan 500cc empat.
DI CARI DAYA SAING
Tahun-tahun berikutnya ditandai dengan kemenangan perusahaan Eropa (Bultaco, Kreidler, Morbidelli, MV Agusta), Jepang (Kawasaki, Suzuki, Yamaha) dan Amerika Utara (Harley Davidson) - produsen Jepang akhirnya mengakhiri hegemoni MV Agusta di kelas utama pada pertengahan 1970-an.
Absen dari kompetisi selama dua belas tahun, Honda membuat comeback di berbagai Kejuaraan Dunia di akhir 1970-an dan mengubah filosofinya pada tahun 1983, meninggalkan empat waktu untuk membangun 500cc V3 2-stroke, yang lebih dikenal dengan nama dari NS500, yang Freddie Spencer memenangkan gelar 500cc - kemenangan pertama di liga dan sukses Honda pertama sejak mereka kembali ke Grand Prix.
Kelas 350cc telah dihapus musim sebelumnya setelah 34 tahun keberadaannya, mengurangi jumlah kategori Kejuaraan Dunia empat - 50cc, 125cc, 250cc dan 500cc - sebelum kategori 50cc digantikan oleh 80cc tahun 1984. 80cc Kejuaraan Dunia dimainkan selama enam musim, dengan empat gelar Derbi, dan tiga pembalap Spanyol Jorge Martinez.
AMERICAN Idols
Sebuah kompetisi yang fantastis antara Honda, Suzuki dan Yamaha animasi 1980-an dan 1990-an, dengan pertempuran historis yang protagonis utama adalah Eddie Lawson, Randy Mamola, Freddie Spencer, Wayne Rainey dan Kevin Schwantz. Dalam kategori 125cc dan 250cc, produsen Eropa seperti Derbi, Garelli dan kemudian Aprilia berjuang untuk kemenangan melawan raksasa Jepang.
Asosiasi panjang sidecars dan Grand Prix berakhir setelah musim 1996, dan kelas akan menjadi Piala Dunia Sidecar pada tahun 1997.
Pada akhir 1990-an, kategori 500cc didominasi oleh bintang dan Honda MotoGP Legenda ™, Mick Doohan, yang memenangkan lima gelar berturut-turut sebelum serangkaian cedera memaksa Australia untuk mengakhiri karirnya pada tahun 1999.
KALI MODERN
Sebelum perubahan peraturan tidak memaksakan perubahan ke 990cc 4-stroke di kelas utama, pembalap muda Italia bernama Valentino Rossi meraih gelar juara dunia 500cc terbaru pada tahun 2001 dengan Honda setelah memenangi gelar 125cc pada tahun 1997 dan gelar 250cc pada tahun 1999 dengan Aprilia.
Setelah perubahan nama untuk Kejuaraan Dunia MotoGP ™ pada tahun 2002 dan pengenalan 990cc, Rossi memenangkan empat gelar berturut-turut, dua dengan Honda dan dua orang lainnya setelah lulus sensasional di Yamaha.
Dua yang terakhir musim kategori kecil didominasi oleh muda Eropa mempersiapkan kedatangan mereka di MotoGP ™ Aprilia dan Honda, termasuk Dani Pedrosa yang memenangi tiga gelar - satu di 125cc pada tahun 2003 diikuti oleh dua 250cc - Honda sebelum pindah di kelas utama. Selama musim pertamanya di MotoGP ™ Pedrosa bersama Repsol Honda garasi dengan Nicky Hayden, yang agresivitas dan keteraturan yang dianugerahi gelar pada tahun 2006, American kemudian mengakhiri dominasi Rossi.
Pada awal musim 2007, perubahan peraturan yang dikenakan pembatasan pada jumlah ban yang digunakan selama akhir pekan Grand Prix dan pengurangan kapasitas mesin 990cc menjadi 800cc untuk membuat kompetisi yang lebih adil. Casey Stoner, Ducati Marlboro dan Bridgestone, membuat acara dengan menjadi pilot mercusuar era baru ini, dan menjadi Juara Dunia. Namun, Rossi kembali gelar pada 2008 setelah musim yang luar biasa dari Italia, yang memenangi gelar keenamnya di kelas utama dengan keunggulan yang signifikan atas saingan terdekatnya, Stoner.
2009 adalah tahun pertama Bridgestone sebagai pemasok tunggal ban untuk MotoGP ™. Rossi memenangkan gelar ketujuh pada akhir musim yang panjang di depan rekan setimnya Jorge Lorenzo.
Yang terakhir masuk buku sejarah pada tahun berikutnya, pada tahun 2010, mengalahkan Rossi di akhir musim yang fantastis bagi para pembalap Yamaha. Lorenzo dikenakan melalui keteraturan teladan dan menakjubkan hanya 23 tahun jatuh tempo.
Pada resmi Ducati setelah meninggalkan Honda pada akhir 2010, Casey Stoner menyadari pada gilirannya musim yang luar biasa pada tahun 2011 dan mengambil kedua MotoGP ™ gelar dengan memenangkan rumahnya di Phillip Island, sebelum menandatangani kemenangan kesepuluh dalam tahunan putaran terakhir musim ini di Valencia.
Setelah pengenalan 1000cc tahun 2012, Jorge Lorenzo mengambil gelar Juara Dunia dengan Yamaha Factory Racing berikut tempat kedua di Phillip Island. The Nadal didorong melalui oleh Dani Pedrosa dari Repsol Honda, sementara Casey Stoner menyelesaikan musim terakhirnya di MotoGP ™ terganggu oleh cedera, di tempat ketiga.
PRODUSEN
Daftar berikut menunjukkan statistik produsen utama yang berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia dalam enam dekade terakhir (statistik diperbarui pada akhir musim 2012):
AJS Pembangun Judul 1, 9 kemenangan di semua kategori
Aprilia 18 Konstruktor Judul, 274 kemenangan di semua kategori
Derbi 8 Konstruktor Judul, 93 kemenangan di semua kategori
Ducati 1 Konstruktor judul, 32 kemenangan di semua kategori
Garelli 5 Konstruktor Judul, 51 kemenangan di semua kategori
Gilera 5 Judul Pembangun, 59 kemenangan di semua kategori
Kreidler 7 Konstruktor Judul, 71 kemenangan di semua kategori
Harley Davidson 1 Konstruktor judul, 28 kemenangan di semua kategori
Honda 61 Judul Pembangun, 658 kemenangan di semua kategori
Kawasaki 9 Konstruktor Judul, 85 kemenangan di semua kategori
Dunia Konstruktor Judul 5, 18 kemenangan di semua kategori
Moto Guzzi 6 Konstruktor Judul, 45 kemenangan di semua kategori
MV Agusta 37 Konstruktor Judul, 275 kemenangan di semua kategori
Norton 4 Konstruktor Judul, 41 kemenangan di semua kategori
Suzuki 15 Judul Pembangun, 155 kemenangan di semua kategori
Yamaha 37 Judul Pembangun, 470 kemenangan di semua kategori
LEGENDS OF MotoGP ™
Pada tahun 2000, pembalap yang memiliki paling dalam sejarah Grand Prix Legends menerima status MotoGP ™. Yang pertama adalah lima kali Juara Dunia Australia Mick Doohan, yang menerima gelarnya di Mugello pada Mei 2000.
Sejak itu, nama-nama terkenal dari era yang berbeda telah bergabung dengan daftar Legends MotoGP ™:
Giacomo Agostini (Italia) 15 judul Dunia, 122 kemenangan di semua kategori
Mick Doohan (Australia) 5 judul Dunia, 54 kemenangan di semua kategori
Geoffrey Duke (GB) 6 judul Dunia, 33 kemenangan di semua kategori
Mike Hailwood (GB) 9 judul Dunia, 76 kemenangan di semua kategori
Daijiro Kato (Jepang) 1 judul Dunia, 17 kemenangan di semua kategori
Wayne Gardner (Australia) 1 judul Dunia, 18 kemenangan di semua kategori
Eddie Lawson (USA) 4 gelar juara dunia, 31 kemenangan di semua kategori
Anton Mang (Jerman) 5 judul Dunia, 42 kemenangan di semua kategori
Malaikat Nieto (Spanyol) 13 judul Dunia, 90 kemenangan di semua kategori
Wayne Rainey (USA) 3 judul Dunia, 24 kemenangan di semua kategori
Phil Read (GB) 7 judul Dunia, 52 kemenangan di semua kategori
Kenny Roberts (USA) 3 judul Dunia, 24 kemenangan di semua kategori
Jarno Saarinen (FIN) 1 judul Dunia, 15 kemenangan di semua kategori
Kevin Schwantz (USA) 1 judul Dunia, 25 kemenangan di semua kategori
Barry Sheene (GB) 2 gelar juara dunia, 23 kemenangan di semua kategori
Freddie Spencer (USA) 3 judul Dunia, 27 kemenangan di semua kategori
John Surtees (GB) 7 judul Dunia, 38 kemenangan di semua kategori
Ubbiali Carlo (Italia) 9 judul Dunia, 39 kemenangan di semua kategori
Casey Stoner (Australia) 2 judul Dunia, 45 kemenangan di semua kelas

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))